oleh

Pasar Cimindi Direnovasi, Pedagang akan Direlokasi

CIMAHI – Pasar Cimindi di Jl. Mahar Martanegara akan direnovasi. Dampak dari pembangunan konstruksi Pasar Cimindi tersebut mengakibatkan sekitar 40 pedagang tak bisa berjualan seperti biasa. Para pedagang pun menuntut direlokasi dan diberi dana kompensasi.

Hal itu mengemuka dalam sosialisasi pembangunan pasar yang digelar Dinas Koperasi UM KM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi dengan para pedagang, konsultan perencana, dan PT Langit Jingga Idea selaku kontraktor pelaksana pembangunan, di Pasar Cimindi, J alan Mahar Martanegara, KotaCimahi, Senin kemarin.

Tito Tosan Batoro ( 5 5), seorang pedagang menuturkan pada prinsipnya para pedagang mendukung program merenovasi pasar tetapi mereka menuntut solusinya bagaimana nasib para pedagang.

“Dari kami, pihak pedagang meminta kompensasi yang diberikan kepada kami. Pelaksanaan pembangunan mesti ada yang diuntungkan dan dirugikan. N ah, kami dari pedagang ini bagaimana solusinya? Soalnya, belum lama ini para pedagang barn mengalami kebakaran, kemudian sekarang mau dibongkar lagi kiosnya,” tuturnya.

Dari dialog saat sosialisasi, lanjut dia, para pedagang dijanjikan akan diberi tempat barn untuk relokasi. “Kurang lebih ada 40 kios yang terdampak pembangunan,jadi ada yang direlokasi. Kebijakan dari Disk opindagtan ada yang direlokasi atau diatur jam dagangnya. Direlokasinya paling ke tempat parkir,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Diskopindagtan Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama mengatakan, renovasi pembangunan Pasar Cimindi memerlukan kerjasama antara pemerintah, kontraktor dan pedagang. P a r a pedagang, kata Adet, terpaksa akan terganggu d e n g a n pembangunan tersebut. Ia berharap pembangunan “B ukan berarti kami memaksakan para pedagang, tidak. Memang waktunya saja yang mepet pada akhir tahun,” kata Adet.

Perwakilan PT Langit Jingga Idea, Budi menyatakan, secara kontraktual pihaknya tidak berkewajiban untuk merelokasi dan memberi dana kompensasi kepada para pedagang yang terdampak pembangunan. Walau begitu, dia menyatakan akan mengupayakan untuk relokasi pedagang melalui koordinasi pengelola pasar.

Terkait dengan permintaan pedagang mengenai dana kompensasi, Budi memastikan tak bisa mengabulkannya. Menurut dia, para pedagang akan mendapat kompensasi setelah pembangunan selesai, yakni berupa sarana berjualan yang lebih nyaman.

Facebook Comments Box

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed