oleh

Diduga, Program e- KTP di Kec. Ciasem Dikomersilkan

SUBANG – Sesuai dengan hasil keterangan dari masyarakat pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektrik (e- KTP) di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, bahwa biaya untuk pembuatan e- KTP tersebut, mencapai Rp 20 ribu.

Menyikapi hal itu, Selasa (3/2) saat dikonfirmasi dikantornya, Kepala UPTD Kependudukan dan Catatan Sipil (Duk Capil) Ciasem, Nurul berkilah, “mengenai biaya print out e- KTP itu kami tidak memfasilitasinya, ya mungkin biaya itu untuk ongkos ke Subangnya, karena tidak ada biaya oprasionalnya, soalnya print out itu harus ditanda tangani dulu ke Subang,” kilahnya.

Sementara, menurut petugas di loket pembuatan e- KTP Ciasem, Lilis mengatakan, bahwa biaya tersebut tidak dipinta, namun hanya kebijakan saja dari pemohon, “biaya dua puluh ribu rupiah untuk print out itu tidak ada itumah kebijakan saja buat yang mau bikin disini, coba bayangkan kalau ke Subang ongkosnya berapa, tetapi kalau mau bikin sendiri ke Subang, silahkan,” ujarnya sambil pasang wajah sinis.

Namun, pada kenyataannya, biaya tersebut ada permintaan dari petugas diloket pembuatan e- KTP, Seperti diungkapkan beberapa warga/ pemohon e- KTP Kecamatan Ciasem, “memang benar saat pemotretan e- KTP tidak bayar, tetapi ketika ke loket meminta print outnya untuk bukti ke pak RT, karena sedang melakukan pendataan penduduk, bahwa kami sedang membuat e-KTP dipinta sebesar dua puluh ribu rupiah per orang,” ungkanya.

Bahkan, sesuai dengan Perda No. 10 Tahun 2010 tentang retribusi pembuatan KTP manual hanya dikenakan biaya Rp10.000.-/KTP dan Rp10.000/-.KK, bukan Rp250.000-350.000 dan dari mulai Bulan November 2014 hingga saat ini, bahwa pembuatan e-KTP itu gratis, karena sudah dibiayai oleh APBN pusat. Sebab, KTP manual hanya berlaku hingga 31 Desember 2014.

Facebook Comments Box

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed