oleh

Desa Sukamaju Talegong Garut Harapkan Bantuan Perbaikan Jalan

GARUT – Jalan Desa Sukamaju Kec. Talegong Kab. Garut, Saat ini keadaannya rusak parah, dan sangat memprihatinkan. Padahal jalan tersebut sangat vital bagi warga untuk memasarkan hasil bumi mereka ke kota yang terdekat, seperti ke Pangalengan dan Bandung. Yang lebih memprihatinkan lagi, jalan yang menghubungkan jalan Provinsi ke Kantor Desa Sukamaju sepanjang 2,6 km sudah tidak layak dilalui. Malahan kalau musim hujan tiba, tidak sedikit masyarakat yang jadi korban akibat jalan licin, lumpur dan berlubang.

Pjs Kepala Desa Sukamaju Kec. Talegong Kab. Garut, Iim Hadiman saat ditemui di kantornya, kepada Perak menjelaskan, bahwa kondisi jalan yang rusak parah, telah berlangsung lama. Namun untuk tidak menghambat pemasaran hasil bumi masyarakat Sukamaju, mereka tetap menjadwalkan gotong royong  untuk perbaikan jalan. Meskipun hasilnya tidak maksimal, tetapi sedikit mengurangi bahaya bagi pengguna jalan. Malahan, menurut Kades Iim, jalan desa sepanjang ±6 km, keadaannya semua rusak parah. Padahal, pengajuan proposal perbaikan jalan, tiap tahun diajukan melalui Musrenbang. “ Mudah-mudahan, Pemkab Garut dan juga Instansi terkait lainnya memberikan skala prioritas untuk perbaikan jalan Desa Sukamaju “, harapnya.

Masih menurut Kades Iim, perbaikan jalan Desa Sukamaju tidak pernah dianggarkan secara khusus dari Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten. Untuk perbaikan jalan yang selama ini mereka lakukan, anggarannya hanya dari program PNPM. Diakui oleh Iim, bahwa untuk perbaikan jalan Desa Sukamaju telah masuk skala prioritas Pemkab Garut, termasuk untuk SMP kelas jauh, penyediaan air bersih, dan lainnya. Meskipun tahun ini belum terealisasi, dia punya keyakinan bahwa tahun 2015, semua program Desa Sukamaju yang masuk skala prioritas di Pemkab Garut, akan segera terealisasi. “ Mudah-mudahan dengan dimuatnya permohonan kami ini di Media Peduli Rakyat, akan menyentuh hati dan nurani pejabat Pemkab Garut dan Instansi terkait lainnya tentang keadaan Desa Sukamaju dan apa yang kami butuhkan saat ini “, katanya. ( Tepu/Asep/Didin )

Facebook Comments Box

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed