oleh

DAFTAR SEKOLAH HARUS LAMPIRKAN KMS

CIAMIS – Puskesmas Mandalika dan Unit Pelaksan Teknis Dinas (UPTD) pendidikan Kecamatan Cikoneng membuka terobosan baru bagi dunia pendidkan, anak-anak harus melampirkan kartu menuju sehat (KMS) saat akan daftar sekolah paud, TK dan SD. hal itu dikerja samakan dengan UPTD pendidikan Cikoneng. ” jadi anak- anak yang akan masuk sekolah itu harus dinyatakan sehat yang dibuktikan dengan Kartu Menuju Sehat (KMS), sebelumnya mereka mengikuti voluntery conseling and test (VCT) di pos yandu,” ujar Kepala puskesmas mandalika Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Dr Eni rochaeni saat sosialisasi di gedung  islamic center.
Dia menjelaskan,melalui pemeriksaan seperti itu,maka perkembangan kesehatan anak akan terpantau. Hal itu juga memudahkan petugas kesehatan mendeteksi penularan virus mematikan HIV AID terrhadap anak-anak dari orang tuanya.
“HIV AIDS bisa menular dari orang tua ke anak dengan demikian pemeriksaan seperti ini maka bila dideteksi sejak dini,” Eni
Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cikoneng  Endang Mustopa mengaku setuju rencana pelampiran KMS saat daftar sekolah. UPTD , kata dia, telah menjalin kerja sama dengan puskesmas mandalika untuk mewujudkan hal tersebut, orang tua harus memeriksakan anaknya ke puskesmas atau pos yandu sebelum masuk sekolah.
” kesehatan itu sangat penting  harus diketahui apakah anak punya latar belakang penyakit atau tidak ,” ungkap dia.
Camat Cikoneng  Syarip hidayat juga mendukung program KMS, dengsn pemeriksaan seperti itu maka deteksi penyakit  menular bisa di lakukan sejak awal
Asep akasah

Facebook Comments Box

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed