oleh

BPBD Diusulkan Jadi Instansi Vertikal

KBB,(Perak) Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, Maman Sunjaya mengusulkan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi instansi vertikal. Hal ini untuk memudahkan pelaksanaan penanggulangan bencana.

“Jika BPBD menjadi instansi vertikal lebih memudahkan komando, misalnya di pusat menetapkan kebijakan A secara otomatis berlaku hingga ke daerah. Tidak seperti yang terjadi sekarang, pemerintah daerah tidak bisa menetapkan status kebencanaan karena yang menetapkanya Provinsi dan pusat. Oleh karena itulah alangkah lebih baik jika BPBD jadi instansi vertikal biar satu komando,” papar Maman S Sunjaya .

Maman menambahkan diajdikannya BPBD jadi instansi vertikal untuk memudahkan koordinasi antar instansi penanganan bencana daerah. Sehingga, langkah antisipasi dan tanggap darurat dapat dilakukan secara cepat tanpa harus menunggu arahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Tak hanya itu, persoalan anggaran kebencanaan juga membingungkan daerah. Untuk penanganan kebencanaan itu bisa dari berbagai pos anggaran, ada dari BPBD, ataupun Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (dinsosnakertrans). Untuk pencairannya harus melalalui mekanisme yang membutuhkan proses waktu,” ungkapkanya.

Karena itulah muncul anggapan bahwa penanggulangan bencana dirasa lamban oleh berbagai pihak. Maka dari itu penanggulangan bencana harus berada ditangani instansi vertikal.( Ferry/Andri)

Facebook Comments Box

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed