50 Hektar Sawah di Ciasem Subang Jawa Barat Dilanda Kekeringan

 

CIASEM, SUBANG.- Sekitar 50 hektar tanaman padi kekurangan pasokan air dan dilanda kekeringan sehingga batang padi mulai layu di daerah Desa Ciasem Hilir, Kecamatan Ciasem, Subang,

Tanaman padi yang baru berumur sekitar 14 hari kondisinya sangat memperihatinkan batang dan daun padi sudah mulai menguning. Sementara permukaan lahan sawah tampak retak-retak ini disebabkan minimnya pasokan air kelahan persawahaan tersebut.

"Kita terjunkan mesin pompa dengan kapasitas besar untuk menyedot air dari selokan dan disalurkan ke sawah," kata Kepala UPTD Pertanian Ciasem, Sawinan kepada JAWABARATINFO.

Dia mengatakan, untuk menyelamatkan tanam padi petani bersama UPTD Pertanian bahu membahu menyalurkan air dari kali Ciasem menggunakan mesin pompa.

Untuk menyalurkan air kelahan persawahaan petani mengaku kesulitan selain jaraknya jauh dari selokan juga harus merogoh kocek untuk membeli selang sepanjang 400 meter.

Pihak pemerintah daerah diminta serius untuk menangani lahan sawah kekeringan dan mencarikan solusi agar air dari selokan dapat mengairi lahan sawah.

"Kita minta pemerintah daerah dapat memberikan bantuan mesin pompa kapasitas besar untuk menyedot air," kata salah seorang petani," Maman.

Posting Komentar

0 Komentar